Keperawatan Dasar, Kritis & Medikal Bedah

 
Loading ...  Loading ...  Loading ... 
 

A. PROFIL DEPARTEMEN

Ilmu keperawatan dasar dan medikal bedah adalah integrasi dari berbagai cabang ilmu. Terdapat 3 cabang ilmu yang terintegrasi ke dalam bidang kelompok ilmu keperawatan dasar dan medikal bedah, yaitu; ilmu keperawatan dasar, ilmu keperawatan medikal bedah, dan ilmu keperawatan kritis.

Departemen ilmu keperawatan dasar memfasilitasi mahasiswa keperawatan untuk siap menjadi perawat profesional, baik secara keilmuan (science),sikap (attitude) maupun keterampilan (skill).Untuk dapat mencitrakan sebagai perawat yang berpengetahuan dan memiliki wawasan luas,sikap dan perilaku yang berbudi pekerti luhur serta memiliki keterampilan handal adalah fokus kerja kami di Departemen Ilmu Keperawatan dasar.

Laboratorium ilmu keperawatan dasar dan medikal bedah memfasilitasi seluruh mahasiswa keperawatan untuk menjadi perawat seperti yang dicita-citakan. Kami memiliki laboratorium yang memfasilitasi mahasiswa dan mengasah kemampuan mahasiswa baik secara keilmuan maupun keterampilan. Kami mengkondisikan sarana dan prasarana yang kondusif untuk memudahkan mahasiswa mencapai kompetensi yang menjadi standar acuan penyelanggaran pendidikan tinggi keperawatan.
Mahasiswa dapat mempersiapkan diri anda dengan sebaik-baiknya sebelum menghadapi praktik di lapangan (Rumah sakit, puskesmas, panti wredha dll) dan mahasiswapun dapat kembali masuk ke laboratorium kami kapan saja, baik pada saat tahap akademik maupun pada tahap pendidikan profesi. Kami siap membantu setiap mahasiswa keperawatan dengan pendekatan yang holistik untuk dapat mengantarkan setiap mahasiswa menuju cita-cita; menjadi perawat profesional.

 

B. FASILITAS LABORATORIUM
Laboratorium Ilmu Keperawatan dasar terdiri dari:


1. Laboratorium Kebutuhan dasar manusia
Kami memilliki sarana dan prasarana yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk praktik pemenuhan kebutuhan dasar manusia menurut hierarki Maslow.Mulai dari pemenuhan kebutuhan fisiologis hingga kebutuhan aktualisasi diri.Alat-alat yang ada di laboratorium kami adalah alat-alat yang sama yang akan anda temui di tempat layanan kesehatan (Rumah sakit,puskesmas,panti wredha dll).kami memiliki set rawat luka (wound dressing) konvensional hingga yang terkini (modern dressing), berbagai boneka peraga (manequin) untuk praktik tindakan keperawatan dasar, cairan untuk memenuhi kebutuhan cairan,elektrolit dan nutrisi (karbohidrat,protein,lemak), alat-alat habis pakai dan alat-alat yang dapat dipakai ulang setiap tahun disiapkan menyesuaikan dengan jumlah mahasiswa keperawatan yang semakin bertambah, dan pengendalian infeksi


2. Laboratoruim Komunikasi Keperawatan
Kami memiliki alat-alat dan model komunikasi yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk melatih kemampuannya dalam berkomunikasi.
Gambar TV dan DVD player

Staff:

1.  Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs., (Hons)
2.  Purwaningsih, S.Kp., M.Kes
3. Dr. Kusnanto, S.Kp., M.Kes
4. Harmayetty, S.Kp., M.Kes.
5.  Ninuk Dian K, S.Kep.Ns., MANP.
6.  Sriyono, S.Kep.Ns., M.Kep., Sp.Kep.MB.
7.  Yulis Setiya Dewi, S.Kep., M.Ng
8.  Ira Suarilah, S.Kp., M.Sc.
9.  Abu Bakar, M.Kep., Ns.Sp.Kep.M.B
10.  Laily Hidayati, S.Kep., Ns., M.Kep.
11.  Erna Dwi Wahyuni, S.Kep. Ns., M.Kep.
12.  Ika Yuni W,, M.Kep., Ns.Sp.Kep.MB.
13.  Deni Yasmara, S.Kep.Ns., M.Kep.Sp.Kep.MB.
14.  Herdina Mariyanti, S.Kep.Ns.,M.Kep
15.  Dr. Tintin Sukartini, S.Kp., M.Kes
16.  Candra Panji Asmoro, S.Kep.Ns., M.Kep.
17.  Lailatun Ni`mah, S.Kep.Ns., M.Kep.
18.  Ika Nur Pratiwi, S.Kep.Ns., M.Kep.
19.  Andri Setiya Wahyudi, S.Kep.Ns., M.Kep.
Pin It
Hits 1741